Pacaran Islami ala Dekan Syariah IAIN Banda Aceh

Alhamdulillaah… Kini kita jumpai semakin banyak ulama Indonesia yang secara terbuka mengungkapkan ketidakharaman pacaran. Dengan kata lain, semakin banyak dukungan terang-terangan bahwa ada pacaran yang islami. Sesudah kita temui pacaran islami ala Dewan Asatidz PesantrenVirtual.com, pacaran islami ala M Quraish Shihab, pacaran islami ala tokoh-tokoh Muhammadiyah, sekarang kita saksikan adanya pacaran islami ala Dekan Fakultas Syari’ah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh. Berikut ini kutipan tanya-jawabnya di pkh-online-net:

Menghindar dari Pacaran?
Diposting pada 13/03/2008 08:16

[Pertanyaan:]

Assalamua’laikum………
Pak ustad yang saya muliakan, saya punya masalah yang bagi saya cukup berat. Sejak masih duduk di bangku SMA saya sudah berkomitmen untuk tidak bepacaran karena saya tau Islam tidak pernah menghalalkan yang namanya pacaran. Yang menjadi masalah saat ini adalah saya mempunyai seorang teman perempuan, kami merupakan teman dekat. Saya mulai menyukainya. Saya tidak sanggup mengelola perasaan saya kalau terus dekat dengan dia. Saya pernah mencoba untuk menghindar dari dia agar batin saya lebih tenang tapi dia tidak terima karena saya menghindar dari dia tanpa alasan. Apakah saya harus mengatakan ke dia bahwa saya menghindar, karena saya menyukainya?

Jawaban:

Wa’alaikum salam Wr.Wb

Kami menganggap bahwa sikap anda baik, tetapi lebih baik lagi bila anda dapat meyakinkan teman anda itu, bahwa menghindari diri dari pacar anda itu bukan dalam arti memutuskan hubungan. Proses pacaran, sepanjang tidak melanggar norma Agama, dapat ditolerir. Selama masa itu anda [dapat] saling meyakinkan diri bahwa pacar anda itu cocok untuk anda dan diterima sepenuhnya oleh keluarga besar anda. Kami menyarankan anda dapat menjaga norma-norma agama, adat-istiadat dan nilai masyarakat…

Dekan Fakultas Syari’ah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh
Drs. H. A. Hamid Sarong, SH. MH.