SMS Mesra #1

Dahulu kala, orang mengirim pesan mesra lewat merpati. Di detik ini, burung dara entah terbang ke mana. Tempatnya tergantikan oleh segenggam HP. Maka ketika pulsa kian murah, SMS mesra kian mudah.

Mau tahu contoh SMS mesra? Nih, aku kutipkan karya Abdul Wachid BS di bukunya, Beribu Rindu Kekasihku (Yogyakarta: Amorbook, 2004), hlm. 10:

SMS Pagi

Selamat pagi
Mimpi indah semalam
Semacam persiapan pertemuan
Aku bersimpuh antara air dan api

Kekasih
Telah kau suguhi aku
Tarian surga di hadapan
Hingga aku hilang akal
Jiwa ragaku menolak sekian pakaian
Kecuali gila pertemuan

2003

–Update 18 Juli 2008:

Kalo kamu mau niru kata2 kayak gitu, ati2, ya! Gak semua orang bisa memahami bahasa puisi. Pertimbangkan dulu. Kalo emang si dia ngerti kata2 puitis, gak masalah. Tapi kalo dia menangkap kata2 “menolak sekian pakaian” secara harfiah (eksakta), wah… bahaya tuh! Cari aja kata lain yang lebih aman. Oke?

32 responses

  1. kalo sms mesum gimana? wakakak.. hayo kutunggu bahasan-nya..

    Tanggapan M Shodiq Mustika:
    Kalau itu sih mungkin bagusnya dilaporkan ke FPI, Komisi Penyiaran Indonesia, “Komisi Pemberantasan Kemesuman”, … atau lapor ke masbadar saja?

  2. Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh.

    SMS ini sebenarnya hanya cocok untuk pasangan suami-isteri, dan sama sekali tidak baik bagi adik-adik kita yang belum menikah. Khususnya di paragraf ke-2, SMS ini kalau digunakan oleh adik-adik kita akan menjadikan hati kotor dengan pikiran yang tidak baik

    wallahu’alam

    Tanggapan Admin:
    Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh.
    Begitulah bahasa sastra. Tak sesuai bila dipahami secara eksakta.
    Karena itulah kita perlu menggalakkan apresiasi sastra supaya kita semua dapat menjaga hati dengan semestinya.
    wallahu’alam

  3. Pak Admin,

    AlQuran adalah juga merupakan bahasa sastra, tetapi ia bisa terjaga kesusastraannya dari hal-hal yang mengotorkan hati dan mengelabui akal.
    Ada perbedaan ketika melihat sastra kitab lain, misalnya (mohon maaf) kitab bibel.

    Kata-kata sastra selayaknya tetap menjaga adab dan etika sehingga bisa dipertanggungjawabkan.

    wallahua’lam

  4. Memang iya si pak
    Kalo isiny begitu takut salah persepsi
    Koz g semua org bisa interpretasi kata puisi seperti yg bapak maksudkan
    Mungkin ada baikny kalo yg rawan kontroversi seperti ini diberi penjelasan yg lebih lanjut, jadi pemahaman pembaca g kabur
    Cuma saran aja hehehe

    Wassalam

  5. @ Saifullah

    Anda betul. Puisi ciptaan manusia itu penuh dengan kelemahan, terutama bila dibandingkan dengan Al-Qur’an.

    @ realylife

    Semoga sukses, ya!

    @ Kaezzar

    Kita tidak berhak mengklaim penafsiran tunggal terhadap kata-kata puitis. Lihat http://kemudian.com/forum/bahas_puisi/70326

    Sungguhpun demikian, tentu kita tidak tinggal diam begitu saja. Kita perlu mengingatkan pembaca.

    @ Saifullah & Kaezzar

    Berdasarkan masukan antum, kami melakukan revisi (“up date”) terhadap postingan di atas. Terima kasih.

  6. Ping-balik: Revisi (update) « Pacaran Sehat

  7. Pak Admin,
    mohon maaf sebelumnya.
    Seandainya SMS itu ditujukan kepada seorang yang sudah dihalalkan kepada kita, maka tentulah akan sangat menuai manfaat dan berkah dari Allah swt.
    Adapun kalau SMS itu digunakan oleh adik-adik kita, saya khawatir, malah akan menjerumuskan mereka kepada hal-hal yang tidak diinginkan.

    Mohon maaf kalau ada salah-salah kata. Insya Allah kita sama-sama menginginkan yang terbaik dan diberkahi Allah swt, khusunya bagi adik-adik kita yang masih remaja dan muda dalam hal cinta. Cinta mereka kepada Allah, kepada Rasulullah, dan cinta kepada umat.

    Adapun cinta kepada seseorang yang dihalalkan, yang menggenapi setengah agama mereka, insya Allah akan hadir masanya, ketika cinta itu disalurkan dengan cara dan jalan yang suci penuh mawadaah warahmah dan berkah dari Allah swt.
    Saya yakin kita sama-sama mengerti hal ini, insya Allah.

    wallahua’lam

    Tanggapan Admin:

    Terima kasih atas masukannya.

    Tampaknya ada perbedaan antara kita mengenai apa “yang sudah dihalalkan kepada kita”. Ibnu Hazm dan Abu Syuqqah berpandangan, ekspresi cinta di luar nikah yang mesra itu halal, asalkan tidak mendekati zina. Ekspresi tersebut tergolong sesuatu yang sudah dihalalkan kepada kita.

    Mungkin akar permasalahannya adalah pada pengertian apa yang dimaksud dengan “mendekati zina”. Menurut kedua ulama tersebut, ekspresi mesra di luar nikah itu pun dapat tergolong suci, penuh mawaddah dan rahmah. Ekspresi mesra seperti itu bukan mendekati zina. Yang mendekati zina (apabila bukan suami-istri) adalah yang disertai dengan nafsu birahi.

    Kalau Anda dan komunitas Anda menganggap itu tergolong mendekati zina, silakan untuk tidak melakukannya. Kami menghargainya. Semoga Anda dan komunitas Anda juga menghargai saudara-saudara kita lainnya yang mengikuti pemahaman Ibnu Hazm dan Abu Syuqqah.

    Dan Allah sajalah yang lebih tahu mana yang lebih benar diantara kita.

  8. Pak Admin,
    Yang saya maksudkan dengan yang dihalalkan kepada kita tentulah seseorang yang sudah menikah dengan kita.
    wallahua’lam

    Tanggapan Admin:
    Kalau begitu, gunakanlah istilah “yang sudah menikah”, bukan “yang sudah dihalalkan”, supaya tidak disalahpahami pembaca. Sebab, sebelum menikah pun, kita juga sudah dihalalkan untuk menjalin hubungan cinta, asalkan tidak mendekati zina.

  9. saya rasa ungkapan seseorang yang dihalalkan kepada kita untuk merujuk kepada seseorang yang dinikahi sudah lumrah digunakan para ulama dan fukaha.

    anyway, biarlah saya menuliskan begitu dan marilah kita saling menghargai pendapat dan perbedaan yang ada sambil berdiskusi mencari kebenaran Islam.

    Wallahua’lam bishshawwab

    Tanggapan M Shodiq Mustika:
    Kalau Anda berada di komunitas Anda, mungkin istilah tersebut tak bermasalah. Tapi di sini lain. Khalayaknya kebanyakan ialah orang yang masih awam dalam ilmu fiqih, apalagi ushul fiqih. Lihat Profil Pembaca.

  10. Ping-balik: SMS Mesra #2 « Pacaran Sehat

  11. Sebenarnya, tanpa bahasa puisi pun, kita bisa membuat hati orang senang, apalagi dengan kekasih kita. Yang terpenting adalah niat dan juga suasana hati kita dalam menulisna. Susah sih, tapi bisa dilakukan kok

  12. Kal0 mw curhat gmn??
    M0hon reply k email saiah. Saiah pnya pr0blem tp ga bs saiah crtkn kpd ortu.Biasany curhat ma ibu.Tp x ne malu n saiah ign sgra dpt s0lusi.Crt ma tmn mgkn akn jd tertawaan ja.. M0hon bantuan nya pak ustadz
    thx b4 n may gbu

    Tanggapan M Shodiq Mustika:
    Oke. Bisa konsultasi via eMail.

  13. Assalamualaikum wr wb.
    Sajak “SMS Pagi” karya Gus Wachid (Abdul Wachid BS) di atas, memang bahasa sajak sehingga harus diposisikan sebagai bahasa kias. Sajak di atas maksudnya, dalam tanggapan saya, adalah: seorang yang merindukan pertemuan dengan Tuhannya, yang dalam mimpi indahnya dia harapkan menjadi kekuatan iman untuk pertemuan yang ikhsan. Adapun “/Jiwa ragaku menolak sekian pakaian/ Kecuali gila pertemuan/” adalah orang yang zuhud melakukan penyederhanaan terhadap duniawi agar sampai kepada ikhsan yakni antara hamba dan Khaliq begitu dekat. Semoga ulasan ini menerangkan kesalahpahaman dalam memaknai “sajak peleburan cinta Ilahiah”. Amin.

  14. muanteb bangetttttt….
    tapi .. pa ne semua gak membuka celah untuk terjadi hal yang tak diinginkan …
    karena manusia adalah makhluk yang lemah… dan rasulullah sendiri telah menjelaskan dengan rinci tentang interaksi antar muslim yang bukan muhrim…
    karena hukum islam kan… sifatnya jawabir dan jawazir

  15. yang setuju poligami tunjukkan diri…!!!

    tuh kan, ktahuan sapa yg “rakus”,

    kalian cinta ma ALLOH ga?

    kalo iya, knapa kLian jg cinta ma pasangan kalian?

    knapa loe2 pade pada men”dua”kan ALLOH?

    bnahi dulu kata2 loe2 tuu..
    baru komen/post sono..

    [reply bg yg dah paham tasawuf only]

  16. Haloo neter semua?kayaknya hampir tiap hari ya aku pribadi manghabiskan pulsaku buat smsan mesra,habis asyik ya.Apalagi ama yang tersayang,Makasih ama penemu hape,juga selamat pada para vendor telekomunikasi!!untuk yang mau kenalan silahkan sms ke:085236066200,pasti tak bualas.Thanks

  17. kalau aku ni sms buat orang-orang yang kusayangi dan kucintai,kuingatkan untuk bangun sholat tahajud,sudah dhuha belum,udah bersedekah belum,jangan lupa untuk sholat wajib berjama’ah,dan kalau mau tidur udah muhasabah belum.jadimalah gak ada kata sayang,dan ini cukup untuk menjaga hati.

  18. Puisi yg diatas bgs bgt ,…….. tp klo yg baca artikel ini salah persepsi. Gmana donk???????????????? Pak Ustad,klo mau curhat masalah qta sehari2 bisa g klo g dexpose di sini??? Coz Q malu bgt………… Coz skrng Q lg pusing ngehadapi Ortu yg Otoriter kya gni??? Tolong bantu masalahQu
    Y Pak Ustad. By Someone d Bdg….

  19. wach,nantinya malah dikira gombal,karena terlalu berlebihan…………
    tidak semua cewek/cowok senang dikirimi sms gitu……………….
    mau yang sederhana dan tidak dibilang gombal donk?????????????

  20. pak ustad,aku juga pengen curhat,buat tempat khusus buat curhat donk…………….
    aku banyak masalah, dan bingun cari solusi yang terbaik……….
    mau mutusin sendiri takut salah,,,,,,,,,,,,,,,,

Komentar ditutup.