Sulit Pilih Jodoh

Pada suatu saat, kita mungkin dipusingkan dengan adanya beberapa calon yang menarik hati kita. Katakanlah 2 orang. Kita melihat keduanya baik. Keduanya sama-sama memenuhi kriteria secara setara. Namun, kita harus memilih 1 orang saja, tidak bisa keduanya.

Keharusan memilih satu di antara dua yang setara itu bisa mengganggu pikiran kita. “Pilih yang ini, yang itu terlalu manis untuk dilupakan. Ambil yang itu, khawatir yang ini jauh lebih baik.” Serba salah. Tidak jarang, yang terjadi malah kegagalan dengan keduanya karena tidak ada kepastian mana yang kita pilih.

Adakalanya, seseorang merasa cocok dengan kriteria calon pasangannya. Namun, muncul masalah baru: keragu-raguan terhadap ‘diri’ calon pasangan tersebut. “Bagaimana sikapnya? Seperti apa karakternya? Apa saja kebiasaannya?” Hal-hal semacam ini memang cukup sulit diterka, bahkan bagi mereka yang melakukan pacaran cukup lama sekalipun, apalagi bagi mereka yang tidak melalui proses pacaran.

Memang, segala sesuatu mengenai kriteria lahiriah, seperti status pekerjaan, tingkat pendidikan, atau fisik calon pasangan, semuanya bisa diukur dan dilihat. Namun, tidak demikian dengan segi batiniahnya, semisal kepribadiannya. Tidak jarang, apa yang ditampakkan kepada orang lain, berbeda jauh dengan karakter aslinya. Inilah sumber masalah sesungguhnya dalam memilih jodoh.

Umpamanya, kita yakin dengan calon pasangan yang ada di hadapan kita, bahwa dia seorang yang shalih, bahwa dia seorang yang bertanggung jawab. Namun, kita tidak pernah tahu apa isi hatinya, apa yang sedang dia pikirkan tentang kita, atau bagaimana karakter aslinya. Semuanya gaib bagi kita. Jangan-jangan, dia sesungguhnya seorang psikopat. Sungguh mengerikan, bukan?

Begitulah masalah sulitnya memilih jodoh yang kita hadapi setiap saat. Terus, bagaimana dong?

4 responses

  1. Yang Jelas tidak ada sosok yang sempurna dalam memilih pasangan hidup jadi intinya mungkin ( karena saya masih bujang ) asalkan kita sama2 mempunya komitmen dan tujuan yang sesuai dengan tuntunan agama InsyaAllah hambatan tersebut bisa dilewati kalau dalam ISLAM tenar dengan membentuk keluarga yang SAMARA, Sakinah Mawadah WArahma.
    WallahuallamBishawab

  2. wah mas gimana sih biar kita tahu siapa jodoh hidup kita…….

    kasi tau donk ciri cirinya
    aku sayang banget tuh ma ce aku cuman kapan ya bisa nikah

    add aku n comment jg ya d “ring” nya

  3. @ Kang Hasan

    Welcome back.

    @ dwi Yanto

    Setuju.
    Diri sendiri aja nggak sempurna, masak nuntut yg sempurna!

    @ wie0020

    jodoh udah di depan mata tuh😀
    kudoain kau bisa nikah pada waktu yg paling tepat
    eh, aku belum paham apa yg kau maksud dg “add aku n comment jg ya d “ring” nya”

Komentar ditutup.