Panduan Pacaran di Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang istimewa. Di bulan ini, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan semua syetan dibelenggu. Inilah saat terbaik untuk pacaran secara islami.

Berikut beberapa panduan buat kamu-kamu yang mau pacaran secara islami:

  • Mengisi waktu luang menunggu saat berbuka dengan jalan-jalan ke pusat-pusat perbelanjaan cenderung merangsang selera konsumtif. Lebih baik meninjau pusat-pusat produksi (umpamanya di tempat usaha konveksi) bersama pacar dan beberapa rekan lain. Seraplah semangat kerja para buruh yang tetap bekerja keras walau berpuasa dan digaji rendah.
  • Saat lapar, orang-orang biasanya akan mudah terbakar emosi. Lebih berhati-hatilah dalam berbicara, bersikap, dan berperilaku terhadap pacarmu. Sebaliknya, ketika kau merasa tersakiti oleh bicara, sikap, atau pun perilakunya, redamlah emosimu. Ingatlah bahwa kau sedang berpuasa.
  • Panduan pacaran islami yang berlaku di bulan-bulan lain, berlaku pula di saat puasa. Di antaranya, gaya pacaran yang paling efektif: menyimak.
  • Tidak ada jaminan bahwa kalian akan bebas dari zina walau sedang berpuasa. Kendati syetan dibelenggu, nafsu syahwat kita masih ada. Jadi, di saat puasa pun jangan coba-coba mendekati zina (seperti raba-meraba, cium-mencium, dsb).
  • Supaya jauh dari zina, pastikanlah bahwa kebersamaan kalian selalu terawasi oleh orang lain. Umpamanya, hindari jangan sampai selepas berjamaah di masjid ternyata tinggal kalian berdua. Jangan malah berpikiran, “Mumpung nggak ada orang, kesempatan nih.” Ingat, meskipun tidak ada orang yang melihat perbuatan kalian, malaikat pencatat amal melihat dan mencatat perbuatan kalian.
  • Menjalani pacaran di bulan Ramadhan mungkin tidak ringan. Barangkali akan ada orang-orang yang mengolok-olok kalian, “Ramadhan kok malah pacaran.” Karena itu, kalian perlu saling membesarkan hati. Bagaimanapun, bila kalian lolos dari masa-masa yang tidak ringan ini, maka masa depan hubungan kalian akan lebih cerah.

Itulah beberapa panduan atau kiat yang bisa aku sarankan. Tentu kalian bisa menambahkan kiat-kiat lainnya demi kesempurnaan. Silakan.

19 responses

  1. Huahahaha!
    Saya tahu kenapa artikel2 ini ditulis..
    Pasti pengen cari sensasi?! Iya kan?
    Udah, ngaku aja deh…
    Jangan khwatir, banyak juga kok yang kayak gitu. Tapi masalahnya…
    ga lakuuu!

  2. aslmkm, ya penulis!ingat seagung agung penuntun adalah alquran dan assunnah, jadi tidak ada pacaran secara islami sebelum nikah,oce fren!

  3. Tuuuh… betul juga dugaanku. Di artikel di atas telah kutulis:

    Menjalani pacaran di bulan Ramadhan mungkin tidak ringan. Barangkali akan ada orang-orang yang mengolok-olok kalian, “Ramadhan kok malah pacaran.” Karena itu, kalian perlu saling membesarkan hati.

    @ Al Stivanie & acrom@lfakir
    Belum tahukah kalian bahwa Rasulullah merestui percintaan pranikah? Lihat http://pacaranislami.wordpress.com/2007/09/06/halal-haram-pacaran-dalil-mana-yang-lebih-kuat/

  4. hati hati terhadap website yang menyesatkan, yang tulisannya kadang mengajak kita untuk jauh dari ajaran rasululloh, mari kita kembalikan al qur’an dan sunnah masalah ini. jangan kita telan bulat-bulat. dan sepertinya tulisan ini untuk menjerumuskan generasi muda islam. hati-hati……..

  5. @rusli
    Kamu mau apa sih?
    Mengapa kau menuduh tanpa bukti bahwa “tulisan ini untuk menjerumuskan generasi muda islam”?
    Apa kau tak sadar bahwa prasangka burukmu itu mencemari puasamu? (Kamu puasa, ‘kan?)
    Kalau kau tak setuju dengan artikel ini, boleh-boleh saja. Tunjukkanlah di manakah letak kesalahannya, sehingga kita bisa belajar bersama-sama.

  6. hahhahhaha kasian sekali orang2 yg mengikuti tips ini, ya kl bukan muslim gpp itu beda urusan, tp ingatlah dlm islam tidak ada kata/istilha pacaran, itu dapat ide dr mana? kalaupun ada tunjukkan deh siapa yg mencontohkannya? kal gak bisa jangan asal ya….
    tengkyu……..semoga kita semua diampuni Allah SWT

  7. Assalaamu’alaikum Wr. Wb.
    Syukurlah, ternyata ana masi bisa menemukan sebagian orang-orang yang tiada “melarang cinta berlabuh” ketika cinta itu datang.
    mencintai bukan berarti dengan ‘pacaran’ dan ‘pacaran’ bukan berarti juga dengan ciuman, pegangan, pelukan palagi -maaf- jima’. bukankah seperti tu?
    ana kira semua orang muslim membenci ‘pacaran’. ternyata tidak juga. bagi ana cuma orang2 yang paham saja yang dapat mengerti cinta :-p
    Palagi di4 ana banyak yang menabuh genderang perang terhadap ‘pacaran’ padahal mereka tidak mengerti. seprti apa metoda pacaran yang sedang mereka kritisi.
    wallahu ‘alam. ana sedikit lega. karena masih ada saudara muslim yang mengerti denga perasaan seseorang yang ketika dilanda cinta.
    makasih. jazakumullah
    wassalam

    wa’alaykum salam
    Begitulah. Kami pun bersyukur suara kami masih didengar oleh saudara-saudara kami yang berhati bersih dan berakal sehat.

  8. kenapa yaa…setelah era pak harto turun koq makin banyak aja orang yang berpaham aneh/ekstrim misalnya melarang-larang pacaran, biasany doktrinasi ini ada di kampus-kampus yang dilakukan orang-orangnya dakwah kampus….

  9. ya, keanehan itu biasanya terjadi pada mereka yg ilmunya belum mendalam

    dikiranya, yg sering didoktrinkan kepada mereka itu (misalnya haramnya pacaran) pasti benar, padahal mereka hanya berdasar prasangka-buruk tanpa bukti dan tanpa dalil yang kuat

    indoktrinasi itu mungkin telah menumpulkan akal mereka sehingga tak mampu melihat yang benar
    dan mungkin juga telah mengotori hati mereka sehingga cara dakwah mereka kasar

  10. Hahahaa,,simpelnyaa sii,,
    “Pacaran” itu cm status..yg ada di hati kita,,kalo pacaran sehat itu ya berbuat sebaik2nya terhadap org yg qta sayang..
    dimana qta harus menjaga diri untuk tidak merusak kesucian, harga diri, harkat dan martabat org lain,,(sikap toleransi lah..)

    Masalah utamanya adalah,,manusia jaman skrg, termasuk umat muslim, banyak yang tidak mengerti mana yg Haq n yg Batil..Ketika qta mengetahui mana yg batil,,seharusnya qta menghindarinyaa,,tapi kebanyakan dari qta bukan menghindari,,tapi memungkiri hal yg batil sehingga yg Batil terlihat seperti Haq,,dan org seperti itulah yg sbenar2nya setan..

  11. kalo cm pnya ilmu setengah2 mending diem….
    diem itu emas
    blajar dulu aj..OC????
    belajar itu wajibbb
    timbang ngelantur mending tidur aj..
    tidur itu ibadah..
    so..mendung ibadah aj teyusss..

  12. Bagaimana kalau sudah terlanjur melakukan zinah di bulan Ramadhan??(walaupun sebelumnya pernah melakukan sebelum&sesudah bulan itu..)

    Apakah masih bisa dapat pengampunan dari Allah SWT?
    apakah ada bedanya(dosa&cara pengampunan) bila dilakukan pada siang hari atau malam hari?
    apakah ada bedanya(dosa&cara pengampunan) yang dilakukan oleh laki2 atau perempuan?
    Bagaimana cara mendapatkan pengampunan dari Allah SWT?

    Terimakasih sebesar2nya bagi yang bisa menjawab pertanyaan ini..

    Wassalam

    Tanggapan Admin:
    Jawaban M Shodiq Mustika berbentuk artikel Bila berzina saat Ramadhan

Komentar ditutup.